Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat

AQUA Keboncandi Bekerjasama dengan Balai Besar TNBTS dan Yayasan Satu Daun Bentuk Kader Lingkungan Melalui Kemah Konservasi di Kawasan Bromo


published on March 13, 2017

Tosari 18-19 Februari 2017, Keberadaan kawasan TNBTS merupakan salah satu Taman Nasional yang ada di Indonesia. Ekosistem TNBTS merupakan benteng penyokong kehidupan masyarakat Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan malang serta kota-kota sekitarnya. Selain keunikan dan keindahan kawasan tersebut, TNBTS mengalami tekanan lain yaitu degradasi lahan yang diakibatkan berbagai macam faktor antara lain bencana alam. Salah satu aksi nyata yang dilakukan untuk menyelamatkan kawasan TNBTS dari degradasi kawasan adalah kegiatan Restorasi dalam bentuk penanaman pohon diwilayah I Bidang PTN Wilayah I TNBTS, bekerjasama dengan PT. Tirta Investama (AQUA KEBONCANDI) dan Yayasan Satu Daun, tepatnya di sekitar mata air lereng pananjakan Bromo.

Kepala Pabrik AQUA Keboncandi, M.Sunarno menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan sebagai wujud komitmen kami dalam pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya air secara terpadu di Pasuruan serta sebagai ajang kegiatan kaderisasi untuk memunculkan kesadaran para generasi muda yang peduli akan kelestarian lingkungan khususnya sumber daya air yang selama ini tergabung di kegiatan Sekolah sahabat Mata Air. Kemah konservasi ini diikuti ratusan pelajar yang berasal dari 17 sekolah yang ada di Kabupaten dan Kota Pasuruan. Kami bekerjasama dengan TNBTS, Yayasan Satu Daun & Pemerintah kabupaten Pasuruan untuk turut mendukung Program Sekolah Adiwiyata serta bertujuan untuk membentuk kader-kader muda yang peduli terhadap lingkungan sekitar, sehingga meningkatkan kesadaran bahwa menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, jelas Sunarno

Agenda kegiatan Kemah Konservasi selama 2 hari tanggal 18-19 Februari 2017 antara lain apresiasi konservasi melalui seni & budaya yang dikemas dalam wayang godong, bersih-bersih sampah disekitar desa Wonokitri, membangun kesadaran lingkungan melalui kampanye dengan media jurnalistik, serta aksi tanam 20.000 total bibit pohon yang secara terpisah dilakukan dilokasi TNBTS penanjakan sumber Seruni sejumlah 4000 pohon, di kawasan perhutani 8000 pohon, di Desa sekitar lereng Bromo 6000 pohon, serta bibit edelweis 2000. Kegiatan ini melibatkan TNBTS, MUSPIKA Tosari, anggota Forum DAS Kabupaten Pasuruan, kelompok jelang asap, pemerintahan desa, dinas instansi terkait di Pasuruan, masyarakat sekitar Wonokitri & para relawan karyawan AQUA (AVC; Aqua Volunteer Club, SKAWAN;Sukarelawan Aqua Pandaan & CMS:Community Motor Safety Pabrik Keboncandi), serta Komunitas Pecinta Alam.

Kepala Balai Besar TNBTS, Ir. John Kenedie, M.M menyampaikan “Kami menghimbau semua pihak baik perorangan maupun perusahaan atau lembaga lainnya yang konsern terhadap kelestarian kawasan TNBTS, dapat mengikuti langkah yang dilakukan oleh Aqua Keboncandi dan swasta lain yang sudah bersama-sama TNBTS melakukan Restorasi kawasan sehingga manfaat & kontribusi TNBTS dalam menjaga iklim mikro dan makro serta penopang kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan dapat terus meningkat dan dipertahankan. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Mari bersama TNBTS melestarikan kawasan hutan untuk kesejahteraan masyarakat”.