Pelestarian Air dan Lingkungan

AQUA Klaten bersama Mitra Kerja dan Pemangku Kepentingan Lakukan Transect di Sepanjang Kali Pusur


published on September 20, 2016

Klaten- September. AQUA Klaten gelar Kali Pusur Transect bersama mitra kerja yang terdiri dari unsur lembaga swadaya masyarakat (LESTARI dan LPTP), perwakilan masyarakat dan kader bank sampah sekitar Kali Pusur serta pemangku kepentingan di sepanjang Kali Pusur yang dilepas oleh Kepala Desa Keprabon Sugiono pada Selasa, 19 September 2016. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari 2 malam hingga Rabu, 21 September esok. Transect dilakukan dengan kegiatan menyusuri sungai dari hulu hingga hilir untuk observasi kondisi sumber daya air, vegetasi,  potensi sampah, marpologi biotik/abiotik dan potensi bencana.

Sebanyak 13 titik observasi di sepanjang 10 km Kali Pusur membentang dari Desa Sudimoro hingga Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo. Setiap titik memiliki rentang 200-30 meter. Tim Transect yang dimotori oleh LESTARI juga melibatkan akademisi (hidrologist) untuk fokus pada pendataan morfologi dan uji kualitas air. Selain itu pemangku kepentingan yang juga bergabung diantaranya : BBWS Bengawan Solo, BPBD Kabupaten Klaten dan BLH Kabupaten Klaten.

Stakeholder Relation Manager AQUA Klaten, Rama Zakaria menyampaikan bahwa selama proses kegiatan ini juga akan menyampaikan pesan kepada masyarakat sekitar kali Pusur untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memelihara, merawat dan menjaga sumber daya sungai sebagai salah satu potensi desa. Diharapkan  data-data yang diperoleh nantinya  akan menjadi acuan yang akurat bagi pemangku kepentingan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat untuk pelestarian sumber daya air.