Pengelolaan Distribusi Produk

Kereta Api untuk Pengangkutan Produk


published on April 13, 2016

Sejak 18 Juni 2014, setiap petang ada peningkatan aktivitas di Stasiun Kereta Api Cicurug, Sukabumi. Kesibukan yang mengiringi turunnya malam adalah pemuatan galon AQUA ke rangkaian gerbong kereta.

Menurut petugas stasiun, setiap pukul 19.45 WIB dijadwalkan satu rangkaian kereta api yang menarik 8 gerbong untuk mengangkut produk AQUA galon menuju Stasiun Ancol di Jakarta. Dalam waktu dekat, jumlah pengangkutan direncanakan bertambah menjadi 16 gerbong.

Pengangkutan produk AMDK oleh AQUA Grup menggunakan moda kereta api dari Sukabumi ke Jakarta ini adalah yang pertama di Indonesia. Kerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI melalui Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani 2012 lalu ini, menjadi langkah progresif pengelolaan sejumlah hal terkait operasional AQUA Grup. Salah satunya adalah strategi pengurangan jejak karbon. Terbukti, dalam waktu kurang lebih enam bulan, 68 ton CO2 dapat dikurangi.

Dengan angkutan kereta api, setiap hari 10.752 galon AQUA dikirimkan ke Jakarta dan kembali membawa galon kosong pada pagi harinya. Jumlah ini setara dengan pengangkutanoleh 12 truk trailer.

Walau demikian, masih ada sejumlah tantangan dalam penggunaan moda kereta api, antara lain penggantian jalur ke ukuran ideal, penanganan kondisi tanah yang masih labil, dan antisipasi potensi longsor di sejumlah titik. Dengan menggandeng pemerintah dan PT KAI, serta didukung berbagai pihak, di masa mendatang AQUA Grup akan terus mencari penyelesaian terhadap tantangan-tantangan tersebut.
 


READ MORE ARTICLE